STRATEGI GASTRO DIPLOMASI KOPI KHAS INDONESIA: STUDI KASUS KOPI KALYAN DI TOKYO

Authors

  • Galib Arofahzam Bahari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Achmad Zainul Muttaqin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dhea Arista Safitri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nasya Faza Cahya S UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Noer Razzaq Adhimukti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Shelly Maulidina Imelda UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/siyar.2024.4.1.19-32

Keywords:

Gastrodiplomasi, Kopi Kalyan, National Branding

Abstract

Pada era kontemporer, negara-negara menggunakan soft diplomacy untuk memperkenalkan budayanya kepada negara lain dengan tujuan meningkatkan national branding. Salah satu upaya yang dilakukan oleh negara dalam meningkatkan national branding yakni dengan mempromosikan budaya kuliner demi meningkatkan brand awareness bangsa melalui gastrodiplomasi (gastrodiplomacy). Salah satu bentuk gastrodiplomasi yang dilakukan oleh indonesia yakni dengan mempromosikan Kopi khas Indonesia di Tokyo dengan membuka coffee shop Kopi Kalyan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui strategi gastrodiplomasi Kopi khas Indonesia melalui Kopi Kalyan di Tokyo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini, strategi yang digunakan oleh Kopi Kalyan dalam mempromosikan Kopi Khas Indonesia yakni dengan product marketing strategy, food events strategy, the coalition-building strategy, the use of opinion leaders strategy, the media relations strategy, the education strategy. Dengan penerapan tersebut, hadirnya Kopi Kalyan di Tokyo dapat merubah kebiasaan masyarakat Tokyo yang awalnya hanya memiliki kebiasaan minum teh, saat ini mereka juga menyukai miuman kopi terutama jenis kopi yang berasal dari Indonesia seperti Papua, Manggarai, Bali, Aceh, Sulawesi, Sumatra, dan Pulau Jawa. Disamping itu dari strategi yang dilakukan oleh Kopi Kalyan berhasil membantu mewujudkan kepentingan Pemerintah Indonesia, yakni  memperkenalkan kopi khas Indonesia dan  memperkuat komoditas ekspor kopi Indonesia di mancanegara terutama Jepang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abhiyoga, N., & Yang Kharisma. F. 2021. Strategi Gastrodiplomasi Diaspora Indonesia Di Era New Normal (Studi Kasus Tempe Di Amerika Serikat). Padjadjaran Journal of International Relations, 3(2), 186-198.

Baskoro, R. M. (2017). Konseptualisasi dalam Gastro Diplomasi: Sebuah Diskusi Kontemporer dalam Hubungan Internasional. Insignia: Journal of International Relations, 4(02), 35-48.

Detikfood. 2013. Japan Halal Food Project Promosikan Produk Pangan Halal Jepang di Indonesia. Available at https://food.detik.com/info-halal/d-2433453/japan-halal-food-project-promosikan-produk-pangan-halal-jepang-di-indonesia. Accessed on 7 July 2022.

Dr. Tedi Priatna, M.Ag. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung. CV. Insan Mandiri.

Hennida, C. (2009). Diplomasi publik dalam politik luar negeri. Journal Unair: Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 22(1), 17-23.

IDN Times. 2019. 7 Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia yang Sukses Mendunia. Available at https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/7-jenis-kopi-lokal-asli-indonesia-yang-sukses-mendunia?page=all. Accessed on 7 July 2022.

Kompas TV. 2022. Kedai Kopi Indonesia Menjamur di Jepang, Ekspor Kopi Diperkuat Lewat Pameran. Available at https://www.kompas.tv/article/303259/kedai-kopi-indonesia-menjamur-di-jepang-ekspor-kopi-diperkuat-lewat-pameran. Accessed on 10 July 2022.

Imanuella, J., & Aryani, M. I. (2020). Upaya Gastrodiplomasi Indonesia di Korea Utara. Jurnal Hubungan Internasional, 13(2), 235-256.

Lala,Andi.2020.Perkuat Ekspor Kopi ke Jepang, KBRI Tokyo cs Bentuk Indonesia House of Beans.Diakses melalui https://www.idxchannel.com/economics/perkuat-ekspor-kopi-ke-jepang-kbri-tokyo-cs-bentuk-indonesia-house-of-beans pada tanggal 10 Juli 2022 pukul 13.30.

Mahdi, M. Ivan.2022.8 Negara Ini Jadi Tujuan Utama Ekspor Kopi Indonesia.Diakses melalui https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/8-negara-ini-jadi-tujuan-utama-ekspor-kopi-indonesia pada tanggal 10 Juli 2022 pukul 13.05.

Ranti, C. S. (2021). Strategi Gastro diplomasi Kopi Indonesia di Jerman Tahun 2019-2020 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, Volume VIII Nomor 2, September 2017.

Syafitri, H. 2019. Strategi Brand Image Indonesia Melalui Gastrodiplomacy Pada Tahun 2011-2018: Studi Kasus Kuliner Rendang. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Tuch, H.N. (1990), Communicating with the World: US Public Diplomacy Overseas, St Martin's Press, New York, NY. Hal 3.

Wang, J. (2006) Public Diplomacy and Global Business. The Journal of Business Strategy 27 (3).

Wawancara dengan Kenny Tjahjadi selaku pemilik kedai Kopi Kalyan Tokyo. Melalui Zoom Meeting. 30 Juni 2022.

Zhang, J. (2015). The food of the worlds: Mapping and comparing contemporary gastrodiplomacy campaigns. International Journal of Communication, 9, 24.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Galib Arofahzam Bahari, Achmad Zainul Muttaqin, Dhea Arista Safitri, Nasya Faza Cahya S, Noer Razzaq Adhimukti, & Shelly Maulidina Imelda. (2023). STRATEGI GASTRO DIPLOMASI KOPI KHAS INDONESIA: STUDI KASUS KOPI KALYAN DI TOKYO. SIYAR Journal, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.15642/siyar.2024.4.1.19-32