PENGARUH GAYA HIDUP HALAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Authors

  • Muhammad Afifuddin Al Ariqi UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/siyar.2022.2.2.178-188

Keywords:

Halal Lifestyle, Pertumbuhan Ekonomi, Perdagangan Bebas, Politik Ekonomi Internasional, Indonesia

Abstract

Gaya hidup halal telah menjadi tren bagi komunitas global dan Indonesia, yang memiliki populasi mayoritas Muslim. Total pengeluaran yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia untuk produk halal pada tahun 2017 adalah 218,8 miliar. Dapat dinyatakan bahwa produk halal adalah bisnis yang baik, terutama di Indonesia. Untuk alasan ini, penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah gaya hidup halal, sebagai contoh dengan keberadaan perbankan syariah, pariwisata halal, dan sektor pangan halal dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Beberapa sumber, seperti buku dan artikel jurnal digunakan sebagai referensi dalam penelitian ini. Studi ini menemukan bahwa gaya hidup halal di perbankan syariah, pariwisata halal, dan sektor makanan halal secara positif mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Ulama’i, A. H. A. A. “Halal lifestyle di Indonesia”. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 2019. https://doi.org/10.21274/an.2019.6.1.57-81.

Ailah, M. W. Pemahaman Konsep Halal dan Halal Awareness dalam Perilaku Konsumen Muslim BreadTalk di Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2019.

Amalia, E., & Hidayah, N. “Strategies for Strengthening Halal Industries towards Integrated Islamic Economic System in Indonesia: Analytical Network Process Approach”. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 12(1), 2020.

Aziz, N. I. A., & Ahmad, F. A. “The Halal Lifestyle of Muslim Working Women”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(5), 2018. 1138-1147.

Harahap, I. Analisis kausalitas variabel makro ekonomi terhadap Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Negara di Indonesia periode 1990-2015. 2018.

Ismawan, A., & Amalia, K. KONSEP BISNIS WISATA HALAL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra, 3(4), 2022. 196-207.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2019). “Media Keuangan.” Kementerian Keuangan 14(140)

Reuters, T., & Standard, D. (2018). State of the global Islamic economy report 2018/19. Dubai International Financial Centre, 112.

Setiawan, J. Strategi Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dalam Menyosialisasikan Gaya Hidup Halal di Media Sosial Instagram (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Utama, E., Aryani, P., & Wardani, S. (2022). ANALISIS KELAYAKAN PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO DENGAN AKAD MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KANTOR CABANG PEMBANTU ACEH DARUSSALAM. Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 2(1, Mei).

Zaidah, N., Solihin, M., & Muliadi, M. (2022). Halal Lifestyle dan Wara’Lifestyle (Studi Kasus Pusat Halal Salman ITB). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 654-566.

Downloads

Published

2022-07-01 — Updated on 2022-07-01

Versions

How to Cite

Al Ariqi, M. A. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP HALAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA. SIYAR Journal, 2(2), 178–188. https://doi.org/10.15642/siyar.2022.2.2.178-188