STRATEGI L’OREAL INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS DAN KEASLIAN PRODUK UNTUK SERTIFIKASI HALAL

Authors

  • D'vita Rahmadya UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/siyar.2023.3.1.63-73

Keywords:

Sertifikasi Halal, L’Oreal Indonesia, Produk Kecantikan, Keaslian Produk

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dijalankan oleh L’Oreal Indonesia untuk mempertahankan kualitas dan keaslian produk untuk sertifikasi halal. Industri kecantikan merupakan salah satu industri yang saat ini sedang menapaki peningkatan dalam tren baik adanya peningkatan dalam permintaan yang dimiliki oleh pasar ataupun peningkatan suplai yang diberikan oleh produk kecantikan. Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk Muslim sangat mengutamakan produk halal untuk digunakan dalam kegiatannya. L’Oreal Indonesia hadir sebagai pelengkap riasan wajah wanita atau pria Indonesia dengan menyajikan produk halal yang mampu meningkatkan minat beli. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pengampilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa permintaan jumlah produk kecantikan saat ini telah bersifat unisex yang dimana digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Adanya labelisasi produk halal mampu meningkatkan penjualan produk tersebut yang mana diperkuat dengan adanya sertifikasi halal yang mampu menjadi salah satu cara untuk meyakinkan konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa saat ini produk kecantikan sudah menjadi produk yang tidak memiliki stereotipe feminim atau maskulin, sehingga produk tersebut dapat digunakan keduanya. Dengan populasi muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia, labelisasi dan adanya sertifikasi halal mampu memperkuat pasar dan penjualan kepada konsumen yang telah dilakukan oleh L’Oreal Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta. 2010. 173.

Aw, S. Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2018

Cangara, H. Pengantar Ilmu Komunikasi. 2012.

Fathoni, M. A. Potret industri halal Indonesia: Peluang dan tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3). 2020. 428-435.

Ferrinadewi, E. Atribut produk yang dipertimbangkan dalam pembelian kosmetik dan pengaruhnya pada kepuasan konsumen di Surabaya. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 7(2). 2005. 139-151.

Kemenperin.go.id. https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik. Perubahan terakhir tanggal 2 Juni 2023

Liliweri, A. Komunikasi serba ada serba makna. Kencana. 2010.

L’Oreal Paris. https://www.loreal-paris.co.id/our-history. Perubahan terakhir pada 2 Juni 2023

Sugiyono, D. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Rahmadya, D. (2023). STRATEGI L’OREAL INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS DAN KEASLIAN PRODUK UNTUK SERTIFIKASI HALAL. SIYAR Journal, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.15642/siyar.2023.3.1.63-73