Anak Jalanan Perempuan: Kehidupan Sosial Pekerja Anak Jalanan Dalam Perspektif Gender di Kawasan Surabaya

Authors

  • Sholihatun Najidatil Umam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jsi.2022.5.2.143-155

Keywords:

Female street children, child Workers, Gender

Abstract

Penelitian tentang kehidupan sosial pekerja anak jalanan di kawasan Surabaya ini mengambil fokus pada beberapa hal, yaitu: apa yang melatar belakangi anak perempuan di kawasan Surabaya bekerja sebagai anak jalanan?, Bagaimana pola interaksi anak jalanan perempuan dengan pekerja anak jalanan lainnya?, dan bagaimana resiko yang dihadapi oleh anak jalanan perempuan dalam lingkungan kerja mereka dilihat dari kacamata gender? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang yang menyebabkan anak anak khususnya anak perempuan sampai terjerumus pada lingkungan dan bekerja di jalanan terutama sekali adalah karena terhimpit keadaan perekonomian keluarga yang kurang stabil sehingga mereka mempekerjakan anak-anak mereka yang masih di bawah umur. Adapun interaksi yang terjadi diantara anak jalanan sebetulnya dapat dikatakan baik, meskipun perkelahian kerap terjadi namun solidaritas antar anak jalanan memberikan rasa aman di antara mereka. Hanya saja resiko yang dihadapi oleh anak-anak usia dibawah 15 tahun ini sangat besar, seperti ancaman terjadinya kecelakaan dijalanan, resiko kesehatan, termasuk juga razia yang dilakukan oleh petugas keamanaan baik satpam maupun satpol pp juga setiap hari senantiasa membayangi kehidupan anak-anak jalanan. Temuan lain yang juga sangat memprihatinkan adalah adanya tindakan diskriminatif orang tua yang membedakan anak laki-laki dan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suyanto, Bagong - Sri Sanituti Hariadi. Pekerja Anak Masalah, Kebijakan, dan Upaya Penanganannya, Surabaya : Lutfansah Mediatama. 2000

Suyanto, Bagong. Pelanggaran Hak dan Perlindungan Sosial Bagi Anak

Rawan, Surabaya : Airlangga University Press. 2003

Shalahuddin, Odi. Di Bawah Bayang-bayang Ancaman, Semarang : Yayasan Setara. 2004

Fanggidae, Abraham. Memahami masalah Kesejahteraan Sosial, Jakarta :

Puspa Swara. 1993

Published

2022-12-30

How to Cite

Umam, Sholihatun Najidatil. 2022. “Anak Jalanan Perempuan: Kehidupan Sosial Pekerja Anak Jalanan Dalam Perspektif Gender Di Kawasan Surabaya”. The Sociology of Islam 5 (2):143-55. https://doi.org/10.15642/jsi.2022.5.2.143-155.

Issue

Section

Articles