Yordania Sebagai Middle Income Country yang Stabil dan Aman

Authors

  • Finna Naila Zulfa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Moh. Alfian Kusuma Ardhi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Savrila Cilcia Sayidina UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jiir.2023.8.1.28-40

Keywords:

Yordania, Middle Income Country, Ekonomi

Abstract

Yordania berdemokrasi dalam sikap pemerintahannya, hal itu ditunjukkan dengan terlibatnya berbagai kelompok dan suku dalam pemerintahan. Suku bedouin merupakan suku yang menopang kerajaan yordania selama ini. Belakangan ini yordania sempat masuk pada kategori negara dengan middle economy country yang stabil bahkan sempat masuk kategori upper middle country berdasar keputusan world bank pada tahun 2016. Bagaimana bisa negara dengan penghasil minyak bumi terendah di timur tengah menjadi negara upper di bidang ekonomi. Artikel ini bertujuan menjelaskan bagaimana kondisi politik ekonomi dan juga perekonomian yordania serta menjelaskan bagaimana yordania masuk ke dalam katergori middle income country yang aman dan stabil. Penulis artikel jurnal menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam melakukan penelitian yaitu suatu Teknik yang dipakai guna mendapatkan pengetahuan ataupun kajian pada sebuah studi di satu masa tertentu. Dalam artikel jurnal ini, penggunaan pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi ekonomi dan politik keamanan di dalam pemerintahan Yordania. Studi pustaka digunakan sebagai Teknik pengumpulan data pada studi ini dimana jurnal terakreditasi, buku, artikel ilmiah serta website lainnya menjadi bahan yang dianalisa. Artikel ini kemudian focus kepada pertanyaan Bagaimana kondisi perekonomian dan politik keamanan Yordania sehingga mampu menjadi middle income country yang aman dan stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://www.iemed.org/publication/jordan-negotiating-political-economic-and-social-minefields/

Barari, H. A. (2014). Jordan and Israel: A Troubled Relationship in a Volatile Region. Amman: Friedrich Ebert Stiftung Jordan & Iraq.

Brand, Laurie. Jordan’s Inter-Arab Relations: The Political Economy of Alliance Making. New York: Columbia University Press, 1994.

Brown, N. J. (2006). Jordan And Its Islamic Movement: The Limits of Inclusion? Washington, DC: Carnegie Endowment for International Peace.

Country Profile: Jordan 1995-96. London: The Economist Intelligence Unit, 1995.

Fanack.com. (2018, Oktober 30). Governance & Politics of Jordan.

Hadi, A., Ahmad, Omar, & Bahjat. (2016). Nationalism in the Middle East: The development of Jordanian national identity since the disengagement of 1988. Durham: Durham University.

Jordan, U. S. A. I. D. (2013). Country Development Cooperation Strategy (CDCS). Lynch, M. (1998). Jordan‟s Competing Nationalisms: Deliberation, Transition and Theories of Ethnic Conflict. Middle East Studies Association.

Malale, A., & Maung, A. S. (2014). Analisis middle-income trap di Indonesia. Jurnal BPPK, 7(2), 91-110.

Okar, E. M. (2001). The decline of Jordanian political parties: Myth or reality? International Journal of Middle East Studies 33(04), 545-569.

Oudat, M. A., & Alshboul, A. (2010). ―Jordan First‖: Tribalism, Nationalism and Legitimacy of Power in Jordan. Intellectual Discourse, Vol. 18, No. 1, 65-96.

Satloff, R. (1986). Troubles on the East Bank: Challenges to the domestic stability of Jordan. New York: Praeger.

Yom, S. L. (2014). The New Landscape of Jordanian Politics: Social Opposition, Fiscal Crisis, and the Arab Spring. British Journal of Middle Eastern Studies, Vol. 42, No. 3, 284-300.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Zulfa, F. N., Ardhi, M. A. K., & Sayidina, S. C. (2023). Yordania Sebagai Middle Income Country yang Stabil dan Aman. Journal of Integrative International Relations, 8(1), 28–40. https://doi.org/10.15642/jiir.2023.8.1.28-40

Issue

Section

Articles