Kampanye di Masa Pandemi COVID-19 dalam Kontestasi Pemilihan Walikota Surabaya Tahun 2020

Authors

  • Alivia Widiyana UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/ijps.2023.3.2.90-110

Keywords:

Kampanye Politik, Komunikasi Politik, Pilkada, COVID-19

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kampanye politik yang dijalankan oleh Pasangan Eri Cahyadi – Armudji dalam kontestasi Pemilihan Walikota Surabaya Tahun 2020. Pilkada Serentak pada tahun 2020 merupakan agenda politik yang pertama kali diselenggarakan di tengah bencana non-alam yakni COVID-19. Komunikasi politik memegang peranan penting dalam mengantarkan Eri Cahyadi – Armudji untuk merebut kursi kepemimpinan. Keseriusan dalam menggunakan komunikasi politik terlihat dari strategi kampanye yang berhasil dijalankan melalui cara segmentasi, branding, dan positioning. KPU-RI memberikan batasan-batasan kampanye di masa pandemi untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19, sehingga Eri Cahyadi – Armudji menggunakan komunikasi massa sebagai penopang popularitasnya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye politik dan efektivitas kampanye politik Eri Cahyadi – Armudji yang dilaksanakan di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, dan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta keabsahan data. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada saat kampanye adalah komunikasi politik dan kampanye politik. Hasil dari penelitian ini adalah keberhasilan Eri Cahyadi – Armudji dalam merebut kursi kepemimpinan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: (1) kekuatan seorang figur atau kekuatan politik kekerabatan yang didapatkan dari Tri Rismaharini yang sangat berpengaruh dalam proses kampanye yang dijalankan sebagai branding dan positioningnya; (2) partai pengusung calon Walikota, dimana Eri Cahyadi – Armudji diusung oleh PDIP yang dimana partai tersebut sangat mendominasi kekuatan politik di Kota Surabaya. Kampanye Eri Cahyadi – Armudji dapat dikatakan efektif karena menggunakan komunikasi politik sebagai acuan yaitu komunikasi interpersonal dan komunikasi massa. Hal itu terlihat ketika melakukan blusukan, menjalankan kampanye akbar serta memanfaatkan media massa maupun media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albi Anggito. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak: Sukabumi Alfan Alfian Mahyudin, 2009. Menjadi pemimpin politik, Jakarta: Gramedia

Anwar Arifin, Komunikasi politik: Paradigma Teori Aplikasi – Aplikasi strategi dan komunikasi politik Indonesia. 2003. Jakarta: Bahai Putaka

Asshiddiqqie Jimly. 2004. Format Kelembagaan Negara dan Pergesearan Kekuasaan Dalam UUD 1945. FHUII: Press

Azis Satyagama. 2017. Hakikat dan Makna Pilkada. CV Jakad Media: Surabaya

Dadah Anugrah, 2011. Marketing Politik: Urgensi Dan posisinya Dalam Komunikasi Politik, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 5 No.2

Dedi Kurnia Syah Putra. 2015 Komunikasi Csr Membangun Reputasi, Etika, Dan Estetika Pr Politik. Jakarta: Kenacana

Dedy mulyana.2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Eko Harry Susanto, Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum, Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 1, No. 2, Desember 2013

Fajlurrahman Jurdi. 2019. Hukum Tata Negara Indonesia. Kencana : Jakarta

Firmanzah. 2008. Marketing politik: Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Fatimah Siti, 2018. Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu, Resolusi Vol. 1 No. 1

gunawan Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik Jakarta: Bumi Aksara Hakim Abdul, Panuju Redi, 2019. strategi komunikasi politik dpc pdi perjuangan Surabaya pada pemilu legislatif 2019, Sosiologi Reflektif, Volume 14, No. 1

Hendrick Doni, Variabel – Variabel yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2008, Demokrasi, Vol. IX No 2 Th. 2010

Hergianasari Putri, Electoral Distancing: Alternatif Penyelenggraan Pemilihan Kepala Daerah 2020 Di Tengah Covid - 19 Di Indonesia, Jurnal Magitorum Et Scholarium, Vol 01, No .01, P-ISSN 2722-9270, Th 2020

Heryanto Gun Gun .2018. Media Komunikasi Politik Relasi Kasus Media di Panggung Politik, Ircisod: Yogyakarta

Harahap Agung Machyudin, Adeni Susri. 2020. Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia Jurnal Professional FIS UNIVED Vol.7 No.2

Idrus Muhamad, 2009. metode penelitian ilmu sosial, Jakarta: Erlangga

Khotijah Siti, Harmonisasi Kewenangan Penanganan Pandemi Covid-19 Antara Pemerintah Pusat Dan Daerah, jurnal Kertha Semaya, Vol. 8 No. 6 Tahun 2020, E-ISSN 2303- 0569

Mahyudin Alfan Alfian. 2009.Menjadi pemimpin politik, Jakarta: Gramedia

Niadharma Ajeng, 2016. strategi pemasaran politik Sambari-qosim dalam pemilihan kepala daerah 2015, Jurnal Politikm Muda , Vol 05, No.03, Agustus- Desember

Nimmo Dan terj. Tjun Suparman, 1993.Komunikas Politik: Komunikator, pesan dan media. Bandung: Rosdakarya

Nimmo Dan. 2009. Komunikasi Politik: Komunikator, pesan & media. Bandung: Rosdakarya Onong Uchyana Effendy, 1986. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya Pureklolon Tokan Thomas. 2016. Komunikasi Politik mempertahankan integritas Akademisi, Politikus, dan Negarawan. Jakarta: Gramedia

Putra Dedi Kurnia Syah. 2015. Komunikasi CSR Politik Membangun Reputalisasi, Etika, Estika PR politik. Jakarta:Kencana

Rachmiatie Atie, Khotimah Ema, Ahmadi Dadi, 2013. Strategi Komunikasi Politik dan Budaya Transparansi Partai Politik, (MIMBAR, Vol. 29, No. 2

Rizky Singgih Choirul, Yusuf Adam Hilman, 2020. menakar Perbedaan opini public Dalam Agenda Pelaksanaan Kontestasi Pilkada Serentak Di Tengah Covid-19, Jurnal Muqoddimah, Vol 4, Nomor 2

Sugiyono. 2012. metode penelitian kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabeta

Schroder, 2004 strategi politik, Jakarta:Friedrich-Noumann-stifuting,

Thaibah, 2018. Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Akmal Ibrahim pada pilkada Kabupaten Aceh Barat Daya 2017, Skripsi UIN Ar-Raniry

Thomas Tokan Pureklolon, 2016. Komunikasi Politik mempertahankan integritas Akademisi, Politikus, dan Negarawan, Jakarta: Gramedia

Utomo Wahyu Wiji, 2020. Kebijakan Penyelenggara Pilkada (Menghadapai Pilkada 2020 Ditengah Covid-19 dan New Normal), ( Jurnal Al-Harakah, Vol 03, No 01

Wiryanto. 2004.pengantar Ilmu Komunikasi, Grasindo: Jakarta

zaikin zainal, 2003. amirudin, pengantar metode penelitian, Jakarta: Raja Grafindo

Data Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Kota Surabaya 2016-2021

PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19

Undang-Undang Republik Indonesia pasal 201 ayat (6) UU No.10 tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetepan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, Bupati, Dan walikota

Peraturan pemerintah pengganti undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang nomor1 tahun2014tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.

https://jatim.tribunnews.com/2020/10/05/kampanye-virtual-alternatif-kampanye-pilkada-di- masa-pandemi-covid-19 diakses pada 05 oktober 2020 pukul 09.20

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4523097/real-count-sementara-kpu-jatim-jokowi- unggul-di-31-dari-38-kotakabupaten Hilda Meilisa - detikNews diakses pada hari Rabu, 24 Apr 2019 15:59 WIB.

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5169074/blak-blakan-cawali-Surabaya-machfud- arifin-positif-covid-19-tanpa-gejala/2 diakses pada 11 Sep 2020 15:16 WIB

https://jatim.tribunnews.com/2020/10/05/kampanye-virtual-alternatif-kampanye-pilkada-di- masa-pandemi-covid-19 diakses pada 05 oktober 2020 pukul 09.20

https://www.msn.com/id-id/berita/dunia/dari-10-lembaga-survei-di-pilkada-Surabaya-7- unggulkan-eri-cahyadi-armuji-sisanya-machfud-arifin-mujiaman/ar-BB1bD1ZN Robertus Belarminus , 04/12/2020

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Widiyana, A. (2023). Kampanye di Masa Pandemi COVID-19 dalam Kontestasi Pemilihan Walikota Surabaya Tahun 2020. Indonesian Journal of Political Studies, 3(2), 90–110. https://doi.org/10.15642/ijps.2023.3.2.90-110

Issue

Section

Articles