Fenomena Fanwar di kalangan Penggemar K-POP Pada Media Sosial Instagram

Authors

  • Witri Yulianti UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.15642/publique.2022.3.1.1-21

Keywords:

Fanwar, K-POP

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pertengkaran antara penggemar K-Pop yang seringkali terjadi di Instagram di beberapa Portal berita K-Pop. Penggemar saling menyindir satu sama lain sehingga menimbulkan adu argumen dalam komentar antar penggemar. Banyak sekali faktor yang menyebabkan fanwar antar penggemar K-Pop. Beberapa pokok permasalahan yang dibedah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana fenomena fanwar antar penggemar K-Pop pada media sosial Instagram, 2) Hal-hal apa saja yang menyebabkan fanwar antar penggemar. Jenis penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif dan juga menggunakan etnografi virtual dimana peneliti terlibat langsung dalam fanwar. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dibedah dengan merujuk pada teori Filture Bubble (filter Gelembung) oleh Eli Pariser. Temuan dari penelitian ini meliputi: 1) Fanwar terjadi karena ada yang memuali terlebih dahulu seperti menyindir idol/fans dari grup idol lain, mempermasalahkan sebuah tittle yang disandang oleh idol yang kerapkali menjadi perdebatan antar penggemar, informasi negatif yang terdapat pada komentar dan unggahan lainnya tentang idol juga dapat memicu terjadinya fanwar, informasi idol K-Pop yang bersifat rumor yang telah di unggah oleh portal berita K-Pop sering sekali terdapat komentar-komentar yang berupa war karena dalam komentar terdapat berbagai opini dari penggemar 2) penggemar yang terlibat dalam fanwar mereka cenderung hanya berkomunikasi dengan sesama kelompok penggemar, dengan mengikuti akun fanbase, account protect bahkan mengikuti akun haters yang sama, sehingga informasi yang dikonsumsi merupakan informasi yang sama dan telah diyakini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles