Penggunaan Media Sosial dalam Kampanye Pilpres 2024 untuk Memperebutkan Suara Generasi Muda

Authors

  • Noer Zulfa Jauhariyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Lazuardi Ilham UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Zahratunisa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nurlaili Rahmawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/politique.2024.4.1.100-116

Keywords:

Media Sosial, Pilpres 2024, Kampanye Pilpres, Generasi Muda

Abstract

Pemilihan Presiden selalu menarik perhatian masyarakat, terutama Pilpres tahun 2024. Pemilu Tahun 2024 merupakan pemilu yang istimewa karena dilakukan serentak dan hampir 60% Daftar Pemilih Tetap adalah generasi muda yang dekat dengan media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan sosial. Hasil dari penelitian ini adalah  Penggunaan media sosial oleh masyarakat bisa memberikan perubahan terhadap kondisi sosial politik di Indonesia, selain itu juga bisa mempengaruhi partisipasi para pemilih. Semakin banyaknya kampanye yang dilakukan di Media sosial, bisa menjadi suatu daya tarik bagi para pemilih. Oleh sebab itu, para kontestan pilpres 2024 harus memanfaatkan media sosial yang ada dengan membuat konten yang menarik untuk memperebutkan suara generasi muda dan memenangkan Pilpres 2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles