Diplomasi Komersial Indonesia di Era Digital Melalui Next Indonesia Unicorn (NEXTICORN)

Authors

  • Nurul Faizah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • siyar siyar

DOI:

https://doi.org/10.15642/siyar.2021.1.1.84-102

Keywords:

strategi, ekonomi digital, diplomasi komersial, Next Indonesia Unicorn

Abstract

Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi diplomasi komersial Indonesia dalam bidang ekonomi digital melalui Next Indonesia Unicorn (NextICorn) tahun 2017-2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kerangka diplomasi komersial dari Evan Potter, pemerintah Indonesia dan pelaku bisnis telah melakukan lima aktivitas yang mendukung diplomasi komersial dengan venture capital terbaik yang berasal dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, China dan Singapura. Aktivitas tersebut adalah: membangun citra positif dengan tujuan untuk menarik penanaman modal asing, menyediakan data bagi venture capital dan startup melalui forum NextICorn, melakukan roadshow ke berbagai negara untuk mengundang venture capital, melaksanakan proses negosiasi antara venture capital dan startup digital, dan membentuk Yayasan Next Indonesia Unicorn. Melalui berbagai upaya tersebut dapat dilihat bahwa strategi diplomasi komersial Indonesia dalam bidang ekonomi digital melalui Next Indonesia Unicorn dilakukan melalui aktivitas promotion of foreign direct investment, intelligent, networking and public relations, contract negotiator of implementation dan problem-solving.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aribawa, Dwitya. 2016. “E-Commerce Strategic Business Environment Analysis in Indonesia”.International Journal of Economics and Financial Issues, Vol 6 Special Issue (S6).
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik danIlmu Sosial Lainnya. Kencana, Jakarta.
Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatifdan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran. Prenadamedia Group, Jakarta.
Berridge, G.R. 2010.Diplomacy: Theory and Practice, Fourth Edition. Palgrave Macmillan, London.
Bogdan & Biklen. 2009. dalam Pupu Saeful Rahmat, “Penelitian Kualitatif”,Equilibrum, Vol.5, No.9, Januari-Juni.
Creswell, John W. dalam J.R Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristikdan Keunggulannya. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
Djelantik, Sukawarsini. 2008. Diplomasi antara Teori & Praktik. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Hoang,Nga Quynh. 2015. A Guide For Startups: Using Bookndo as Case Study.Bachelor?s Thesis, Centria University of Applied Sciences.
Killian, P. M. Erza. “Pemerintah Daerah dalam Diplomsi Ekonomi Indonesia: Studi Kasus pada Diplomasi Komersial Jawa Timur”. Jurnal Ilmiah Transformasi Global Vol 2 No 2.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha.2017. “The Digital Economy in Indonesia”.
Kostecki Michel, &Naray, Oliver. 2007. Commercial Diplomacy and International Business.Netherlands Institute of International Relations, Clingendael.
Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI). 2018. “Mapping & Database Startup Indonesia 2018”
Moore, Bede. 2018.E-Commerce in Indonesia: A Guide for Australian Business. Commonwealth Australia.
Saner, Raymond. 2003. “International Economic Diplomacy: Mutations in Post Modern Times”.Discussion Papers in Diplomacy No. 84.Netherlands Institute of International Relations, Clingendael.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, Bandung.
Soegijono, K.R. 1993.“Wawancara sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data”.Media Litbangkes Vol.III No. 01.


“ASEAN’s Unicorns Growing”.The Asean Post.diakses 13 September 2019. https://google.com/amp/s/theaseanpost.com/article/aseans-unicorns-growing%3famp
Busschers, J.A. The Value of Commercial Diplomacy from SME Perspective diakses 18 Juni 2019 dalam https://essay.utwente.nl/61477/1/MSc_JA_Busschers.pdf.
Heijmans, Okano.“Hantering van het begrip economische diplomatie” dalam TheValue of Commercial Diplomacy from an SME Perspective, University of Twente diakses 18 Juni 2019, https://essay.utwente.nl/61477/1/MSc_JA_Busschers.pdf.
“Jokowi Visits Silicon Valley; Inspiration for Indonesia’s Digital Economy”.Indonesia Investment.diakses 22 Agustus 2019,https://www.indonesia-investments.com/news/newscolumns/jokowi-visits-silicon-valley-inspiration-for-indonesia-s-digital economy/item6514
“Kick Off NextICorn 2017,” PPID Kominfo, diakses 19 Juni 2019, https://www.youtube.com/watch?v=XcMAWlIWjsU.
McKinsey, “The Digital Archipelago: How Online Commerce is Driving Indonesia’s Economic Development,” (2018): www.mckinsey.com/featured-insights/asia-pacific/the-digitalarchipelago-how-online-commerce-is-driving-Indonesias-economic-development.
“Mengenal Lebih Dalam tentang Venture Capital,” Ziliun.com, diakses 19 Juni 2019,https://www.google.com/amp/s/www.ziliun.com/mengenal-lebih-dalam-tentang-venturecapital/amp/
“Menjadi Energi Digital Asia, Ini Kebijakan yang Disiapkan Pemerintah,” Indotelko.com, diakses 16 Maret 2019,https://www.indotelko.com/read/1456300874/menjadienergi-digital-asia-kebijakan-disiapkan-pemerintah
“Menkominfo:Peran Pemerintah Jadi Fasilitator dan Akselerator”.Kementerian Komunikasi dan Informatika diakses pada 13 Desember 2019 https://www.kominfo.go.id/content/detail/12798/menkominfo-peran-pemerintah-jadi-fasilitatordan-akselerator/0/berita_satker.
Nusa Kini, “Indonesia Harus Siap Hadapi Ekonomi Baru di Era Digital,” diakses 13 Maret 2019, https://nusakini.com/news/indonesia-harus-siap-hadapi-ekonomi-baru-di-era-digital
“Series A, B, C, D, and E Funding : How It Works,” Startups.com, diakses 16 September 2019 https://www.startups.com/library/expert-advice/series-funding-a-b-c-d-e
Smart Legal.id, “Apa Itu Daftar Negatif Investasi?” diakses 19 September 2019https://smartlegal.id/smarticle/layanan/2018/12/21/apa-itu-daftar-negatif-investasi-dni/
“Startup,” Investopedia, diakses 13 Desember 2019, https://www.investopedia.com/ask/answers/12/what-is-a-startup.asp

Published

2021-01-15

How to Cite

Faizah, N., & siyar, siyar. (2021). Diplomasi Komersial Indonesia di Era Digital Melalui Next Indonesia Unicorn (NEXTICORN). SIYAR Journal, 1(1), 84–102. https://doi.org/10.15642/siyar.2021.1.1.84-102