Tantangan Perempuan Pengemudi Ojek Online di Kota Surabaya dalam Perspektif Maxine Molyneux

Authors

  • Takhta Alifina

DOI:

https://doi.org/10.15642/publique.2021.2.1.64-84

Keywords:

gender, perempuan, ojek online

Abstract

Globalisasi berpengaruh besar pada kegiatan ekonomi dunia terutama pada teknologi dan industri kreatif, inovasi seperti Go-Jek membuat sebagian kalangan tertarik bekerja di PT. Go-Jek Indonesia, peluang yang diberikan ialah pengemudi ojek online. Go-Jek memberikan peluang tanpa batasan gender, sehingga saat ini mudah kita temukan beberapa pengemudi ojek online perempuan. Namun, bagaimana dengan tantangan yang harus dihadapi oleh pengemudi ojek online perempuan? Menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis konsep kebutuhan Gender Maxine Molyneux maka hasil dari penelitian ialah pertama, keterlibatan perempuan dalam dunia jasa seperti ojek online sebagai upaya memenuhi kebutuhan keluarga. Kedua, Adanya tantangan gender yang dihadapi para perempuan pengemudi ojek online seperti penolakan dari pelanggan karena berjenis kelamin perempuan dan diremehkan karena dianggap kurang mampu, maka melalui profesi pengemudi ojek online, para perempuan menjadikan profesi ini sebagai media strategis untuk mengaktualisasikan diri dan memperjuangakan kesetaraan gender. Kata kunci: gender, perempuan, ojek online

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-09-16

Issue

Section

Articles