Media Sosial sebagai Ruang Publik Virtual Bagi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Authors

  • Siti Nur Hidayatur Robi’ah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/publique.2020.1.1.21-44

Keywords:

media sosial, ruang publik virtual, dampak, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana media sosial dapat menjadi ruang publik virtual dengan pemanfaatannya, dan bagaimana dampak pemanfaatan tersebut bagi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan untuk menganalisis data yang didapatkan, penelitian ini menggunakan teori simulakra oleh Jean Baudrillard dan teori ruang publik Habermas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa proses terbentuknya ruang publik virtual di media sosial terjadi sebagai akibat perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial yang semakin banyak di kalangan mahasiswa UINSA. Media sosial tidak hanya dijadikan sebagai media komunikasi mahasiswa maupun media penyaluran informasi saja, namuniajuga dimanfaatkan sebagai ruang publik virtual dimana di dalam ruang publik tersebut semua mahasiswa dari berbagai kalangan dapat berpartisipasi secara bersama-sama serta memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapatnya tanpa memandang bulu. Penggunaan media sosial juga mempunyai dampak bagi mahasiswa, misalnya, kemudahan akses informasi dan jaringan pertemanan yang lebih luas.Di sisi lain, penggunannya juga dapat menghabiskan waktu lebih banyak, berkurangnya interaksi sosial dengan lingkungan sekitar secara langsung serta mampu menggeser ruang publik di dunia nyata ke dalam ruangmaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-17

Issue

Section

Articles