DIMENSI SOSIO-KULTURAL DALAM PROMOSI KESEHATAN

Authors

  • J.H. Sinaulan

DOI:

https://doi.org/10.15642/jsi.2012.2.1.%25p

Abstract

Promosi kesehatan sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan sudah menjadi perhatian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Melalui promosi kesehatan, diharapkan perilaku hidup sehat masyarakat akan mengalami peningkatan. Hanya saja, dalam pelaksanaannya, promosi kesehatan ternyata seringkali dihadapkan pada hambatan-hambatan sosio-kultural yang ada di masyarakat. Promosi kesehatan setidaknya mengandung prinsip-prinsip bevacior chane, social change, policy development, empowerment, community participation dan building partnership and alliance yang didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan (equity), keterbukaan (transparency), dan saling membutuhkan (mutual benefit). Ketujuh prinsip ini sangat penting untuk diperhatikan untuk mewujudkan promosi kesehatan yang efektif. Upaya promosi kesehatan tanpa dukungan perilaku kesehatan dari masyarakat yang memadai, tampaknya tidak akan mencapai hasil yang diinginkan, terutama jika halangannya berupa perilaku-perilaku budaya yang kontraproduktif bagi upaya mengembangkan budaya sehat di masyarakat. Kata Kunci: promosi kesehatan, budaya sehat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Sinaulan, J.H. 2012. “DIMENSI SOSIO-KULTURAL DALAM PROMOSI KESEHATAN”. The Sociology of Islam 2 (1). https://doi.org/10.15642/jsi.2012.2.1.%p.

Issue

Section

Articles