TRANSFORMASI PERILAKU KEAGAMAAN (Analisis Terhadap Upaya Purifikasi Akidah Melalui Ruqyah Syar'iyah Pada Komunitas Muslim Jember)

Authors

  • Baiq Lily Handayani

DOI:

https://doi.org/10.15642/jsi.2011.1.2.%25p

Abstract

Dalam mensikapi pengaruh tradisi lokal terhadap ajaran agama, sebagian umat Islam di Indonesia bersikap sangat akomodatif, bahkan sinkretis, sebagian lain cenderung menolak dan konfrontatif. Hal ini terlihat misalnya dalam persoalan tradisi pengobatan. Kelompok yang menolak pengaruh tradisi dalam Islam kemudian menawarkan pengobatan alternatif yang, menurut mereka, lebih sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini mencoba melihat transformasi perilaku keagamaan dalam praktek pengobatan alternatif yang mereka sebut sebagai ruqyah syar'iyah. Penelitian ini melihat adanya perubahan perilaku keagamaan sebagian masyarakat dengan adanya praktek ruqyah syar’iyah. Sebagian masyarakat mulai meninggalkan dukun dan membakar jimat-jimat yang mereka miliki sebagai bagian dari upaya yang mereka sebut sebagai pemurnian akidah. Kata Kunci: ruqyah syar’iyah, pengobatan alternatif, transformasi agama

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Lily Handayani, Baiq. 2011. “TRANSFORMASI PERILAKU KEAGAMAAN (Analisis Terhadap Upaya Purifikasi Akidah Melalui Ruqyah Syar’iyah Pada Komunitas Muslim Jember)”. The Sociology of Islam 1 (2). https://doi.org/10.15642/jsi.2011.1.2.%p.

Issue

Section

Articles